ADS

Wednesday, 3 August 2016

PHOTOMATIX PRO 5 (Photo Editing Software)


Halo gaes, kali ini penulis bakal berbagi tentang software atau aplikasi edit foto yang mungkin dari kalian sering menggunakannya sebagai alat pemoles hasil jepretan yang sudah kalian ambil.

Nah, mungkin sebagian dari kalian sering mendengar bahwa software atau aplikasi untuk edit foto terbaik adalah Photoshop, memang penulis sendiri mengakui bahwa software yang menjadi bagian dari keluarga Adobe ini memiliki fitur yang amat sangat lengkap ketika digunakan untuk menyulap sebuah foto atau visual graphic berbasis pixel yang tadinya Nampak hanya biasa saja menjadi terkesan luar biasa.

Dalam tulisan ini penulis akan lebih mengkrucut lagi tentang software apa sih selalin Photoshop yang bagus untuk mengedit foto? Yap salah satu jawabannya adalah Photomatix Pro. Apa itu Photomatix Pro? Mari kita ulas bersama…

Photomatix Pro merupakan software/perangkat lunak/ bahasa gampangnya aplikasi yang mampu membuat foto menakjubkan  dari permainan kontras foto atau pixel gambar yang tinggi. Software ini juga dapat memprogram dengan memperluas jangkauan dinamis dari sebuah foto maupun film.

Pernah kejadian dong ketika anda menangkap sebuah foto dengan masalah gambar pecah-pecah? Nah, disinilah tugasnya si Photomatix untuk mencari tampilan yang lebih bagus dan menghasilkan gambar atau foto HDR.

Lantas apa itu HDR? HDR merupakan singkatan dari High Dynamic Range yang dalam bahasa Indonesia merupakan jangkauan dinamis tinggi. Arti secara istilahnya yaitu teknik yang digunakan dalam ranah fotografi untuk memproduksi sebuah jangkauan pencahayaan yang dinamis, lebih besar dibandingkan dengan menggunakan teknik fotografi standar. Biasanya HDR memang dihasilkan melalui merging atau penyatuan dari banyak gambar LDR (Low Dynamic Range) atau SDR (Standard Dynamic Range) dengan menggunkan sensor gambar khusus semacam software. Cara yang digunakan yakni dengan metode  tone mapping, yakni mengurangi kontras keseluruhan untuk memperbaiki tampilan gambar. Nah begitulah kiranya Photomatix nantinya bakal menjadi bengkel foto anda sehingga mampu menghasilkan foto dengan kontras nyata atau dimasukkan sebagai kontras yang artistik.

Sebenarnya didalam Photoshop sendiri fitur seperti photomerge memang ada. Namun sebagian fotografer sendiri memiliki alternative lain sebagai pilihan, yakni Photomatic. Master foto HDR, Trey Ratcliff (anda bisa searching sendiri di Google mengenai beliau) pernah mengatakan bahwa Photomatix Pro merupakan software favoritnya dalam memproses foto HDR.

Jika anda familiar dengan Urban Exploration atau URBEX, dan anda sering bertanya-tanya bagaimana mebuat efek foto Urban Exploration Photography  atau URBEX ? Photomatix Pro dapat menjadi alternatif untuk dapat memoles foto dengan gaya atau efek yang sering dipakai oleh sekelompok orang yang menampilkan gaya visual kota  secara artsitik tersebut.

Lalu Bagaimana dengan anda? Tertarik mencoba?

Silakan klik download Software Photomatix Pro 5 dibawah ini…


Ulasan mengenai tutorial akan dibahas dalam postingan selanjutnya.

Jadi tetap Stay Tune yah :)

Berkarya Sampai Tuhan tak Berkenan – Semangat !!